Newest Post

// Posted by :kelvin // On :Senin, 09 September 2019

Pada hari ini saya akan membahas tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dimana untuk tugas mata kuliah Rekayasa perangkat lunak (RPL).
 
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak - Rekayasa Perangkat Lunak atau sering yang kita kenal dengan nama RPL. Rekayasa Perangkat Lunak pasti bukan hal yang asing digunakan di dunia digital seperti saat ini. Rekayasa perangkat lunak sangat berhubungan dengan adanya perangkat lunak.

Rekayasa Perangkat Lunak tentu bukan hal yang asing digunakan di dunia digital seperti saat ini. Rekayasa perangkat lunak sangat berhubungan dengan adanya perangkat lunak.
Microsoft word, Google music, Whatsapp, Facebook, dan Instagram merupakan beberapa contoh perangkat lunak yang sering kita digunakan. kita  mungkin termasuk salah satu pengguna dari perangkat lunak ini.

Namun, pernahkah kita bertanya-tanya Seperti ini?

  •     Bagaimana proses penciptaan perangkat lunak yang sering anda gunakan?
  •     Bagaimana Instagram dapat selalu mengetahui bagian mana yang harus diperbaharui dari aplikasi yang sudah mereka upload?
  •     Berapa biaya yang dikeluarkan Mark Zuckerberg dalam merawat Facebook hingga saat ini?
  •     Bagaimana Youtube bisa menghasilkan keuntungan hingga triliunan rupiah?
jika kita ingin mengetahui jawaban diatas kita harus memperlajari apa itu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).
Rekayasa Perangkat Lunak
RPL

Apa itu Rekayasa perangkat Lunak (RPL)? 

Rekayasa perangkat lunak

Sebelum mempelajari tentang RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak, ada baiknya kita mengetahui pengertian perangkat lunak terlebih dahulu.

Perangkat lunak adalah data yang sudah diformat dan disimpan secara digital di dalam suatu perangkat digital (komputer, smartphone, atau perangkat digital lainnya) yang memiliki informasi yang bisa dibaca serta bisa ditulis dengan menggunakan perangkat digital.Perangkat lunak bisa juga disebut sebagai sistem komputer yang tidak berwujud. Suatu komputer tanpa perangkat lunak hanyalah perangkat keras yang tidak bisa digunakan. Jadi, komputer anda bisa berjalan dan berfungsi karena keberadaan perangkat lunak di dalamnya.

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Secara umum tujuan RPL tidak berbeda dengan bidang rekayasa yang lain. Hal ini dapat kita lihat pada Gambar di bawah ini
Dari Gambar di atas dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah:
  •   Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah
  •    Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
  •    Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
  •    Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah

 RUANG LINGKUP REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)


Secara umum, kita dapat merangkum materi rekayasa perangkat lunak ke dalam beberapa ruang lingkup ilmu. Berikut ini ruang lingkup RPL secara umum









  • Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  • Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  • Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  • Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  • Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  • Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  • Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.


 Contoh Perangkat Lunak Sistem Operasi
  1. Microsoft Windows  

Microsoft Windows
Microsoft Windows sangat di butuhkan dalam sebuah komputer ataupun laptop dimana kita bisa memilih untuk menggunakan sistem operasi untuk komputer dan laptop kita.


        2. Perangkat Lunak Driver

Perangkat Lunak Driver
Driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer.

             3. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat Lunak Aplikasi
  • Word processing software, seperti : MS Word, Wordpad dan Notepad
  • Database software : Oracle, MS Access dan sebagainya
  • Spreadsheet software : Apple Numbers, Microsoft Excel
  • Multimedia software : Real Player, Media Player
  • Presentation software : Microsoft Power Point, Keynotes
  • Enterprise software : Customer relationship management system
  • Information Worker Software : Documentation tolls, resource management tools
  • Educational software : Dictionaries: Encarta, BritannicaMathematical: MATLABOthers: Google Earth, NASA World Wind
  • Simulation software : Flight and scientific simulation
  • Content Access Software : Accessing content through media players web browsers
  • Application Suites : OpenOffice, Microsoft Office
  • Software for Engineering and Product Development : IDE or Integrated Development Environtments
               4. Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Perangkat Lunak Pengolah Gambar
  • Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect.
  • CorelDraw adalah software yang dibuat oleh perusahaan Corel Corp yang digunakan untuk membuat, mengolah dan mencetak objek grafis berformat vektor.

                5. Perangkat Lunak Game

Perangkat Lunak Game



 sekian pembahasan tentang rekayasa perangkat lunak, kurang dan salahnya mohon di koreksi dan tinggalkan pesan di kolom komentar :D.. Thank You...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Kelvin Gunawan //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Kelvin Gunawan //